Istilah-Istilah dlm Periklanan

 

1. Apa yang dimaksud positioning?

Positioning bisa kita katakan suatu proses atau upaya untuk menempatkan suatu produk, merek, perusahaan, individu, atau apa saja dalam benak (pikiran) mereka yang dianggap sebagai sasaran pasar atau konsumen dari produk, merek, perusahaan, individu, atau apa saja. Ini dilakukan karena keadaan pasar mempunyai beragam persepsi pada komunikasi produk.

2. Apa yang dimaksud dengan citra?

The total imprresion of what a person or group of people think and know about an object

Jadi Citra berarti “Kesan keseluruhan yang diketahui atau dipikirkan dari perorangan, atau kelompok mengenai suatu objek”.

3. Apa yang dimaksud strategi positioning?

Strategi positioning adalah suatu perencanaan dan kegiatan yang dilakukan untuk menentukan arah/ tujuan dalam memperkenalkan suatu produk kepada khalayak dan juga berusaha mendapat tanggapan/ respon dari khalayak sesuai dengan keinginan.

4. Bagaimana cara melakukan strategi positioning?

4.1. Identifikasi pesaing

Yaitu mengidentifikasi pesaing di pasar pada kriteria produk yang sama agar dapat memunculkan sesuatu nilai yang berbeda dari para pesaing tersebut.

4.2. Persepsi konsumen

Menganalisis tanggapan atau respon dari konsumen terhadap produk pesaing, hal ini dilakukan untuk bisa mendapatkan atribut pembanding yang dianggap penting oleh konsumen.

 

4.3. Menentukan posisi pesaing

Yaitu mengidentifikasi kedudukan yang dimiliki oleh pesaing misalnya saja dalam iklan laptop ada posisi-posisi:

  • Prosesor

  • Daya jual

  • Baterei tahan lama

  • Bobot barang

4.4. Menganalisis preferensi konsumen

Selanjutnya adalah suatu kegiatan menganalisis posisi yang dikehendaki oleh konsumen terhadap suatu produk yang tertentu.

4.5. Menentukan posisi merek produk sendiri

Dalam pencapaianya harus menentukan hal-hal sebagi berikut :

  • Analisis keadaan perekonomian

  • Tidak terjangkaunya produk oleh konsumen karena positioning memiliki komitmen terhadap segmentasi pasar

  • Jika iklan berhasil jangan sekali-kali mengubah kepribadian atau ciri khas iklan

  • Pertimbangan simbol sebagai identitas produk

4.6. Ikuti perkembangan posisi

Melalui pemantauan yang berskala posisi produk harus dipantau apakah sesuai dengan pekembangan jaman atau tidak.

 

5. Apa yang dimaksud dengan riset iklan?

Riset iklan adalah penelitian yang dilakukan untuk dapat menciptakan iklan yang memiliki kemampuan agar suatu pesan yang disampaikan dalam iklan dapat diterima dengan baik oleh khalayak.

6. Apa pentingnya riset iklan?

Untuk mengetahui gambaran mengenai produk yang sebaiknya diciptakan dan diluncurkan ke pasar. Usaha memahami konsumen sekaligus berarti membuka peluang terhadap kecocokan dan kesuksesan produk yang akan dijual ke pasar.

7. Riset konsumen

Adalah suatu cara untuk mengetahui karakteristik manusia sebagai konsumen. Pengetahuan tentang karakteristik ini akan memberikan pemahaman mengenai tingkah laku konsumen tersebut.

8. Riset Evaluatif

Pada intinya, riset evaluatif bermaksud mencari jawaban atas sejumlah pertanyaan seperti :

  • Siapa khalayak sasaran dari iklan yang dipasang?

  • -Bagaimana perasaan mereka ketika melihat iklan itu?

  • -Apakah produk yang diiklankan mempengaruhi perasaan mereka?

  • -Akankah mereka mebeli produk yang diiklankan?

  • -Seberapa gencar iklan harus dipasang?

  • -Perlukah mencari strategi iklan yang baru?

 

 

9. Riset Naskah

Riset Naskah adalah memperkirakan efektivitas iklan sebelum kegiatana periklanan dalam skala yang lebih besar direncanakan. Ada dua konsep penting dalam jenis riset ini. Pertama, riset naskah merupakan upaya pencarian dan pengujian ide iklan yang akan dipasang. Kedua, riset ini juga bermaksud menguji dampak sesungguhnya dari iklan yang sudah dipasang.

10. Riset Pesan Iklan

Kegiatan yang dimaksudkan untuk megenali atau mengidentifikasi pesan-pesan penjualan yang paling relevan dan kompetitif. Bentuk yang diambil meliputi lima hal yaitu perhatian kelompok, pemetaan merk, studi penggunaan, studi motivasi dan segmentasi keuntungan.

11. Riset Informasi Pemasaran

Adalah pengolahan informasi yang dilakukan untuk melakukan penganalisisan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil kegiatan tersebut digunakan sebagai melakukan langkah guna untuk pertimbangan strategi pemasaran barang dan jasa, penetapan harga, pendistribusian barang, serta perolehan informasi lanjutan dari setiap daerah sasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: